28.9.12

INI DIA HAL YANG TAK TERDUGA PENYEBAB SERANGAN JANTUNG

PENYEBAB SERANGAN JANTUNGPENYEBAB SERANGAN JANTUNG. Selama ini kita masih beranggapan serangan jantung diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat dan kolesterol. Siapa sangka ternyata ada beberapa hal tidak terduga yang ternyata dapat mengakibatkan serangan jantung. Baca juga CARA MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN SEHAT

Berikut adalah 11 hal aneh yang tidak terduga yang menyebabkan serangan jantung :

1. Lingkungan Tempat Tinggal

Penelitian yang dilakukan di tahun 2001 oleh The New England Journal of Medicine menemukan fakta bahwa orang yang tinggal di lingkungan menengah ke bawah tiga kali lebih berpeluang untuk menderita penyakit jantung dibandingkan mereka yang tinggal di lingkungan menengah ke atas.

2. Suplemen Kalsium

Penemuan yang dihasilkan dari penelitian terhadap 23 ribu orang di tahun 2012 menyimpulkan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen kalsium memiliki resiko terkena serangan jantung lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen kalsium. Untuk itu, konsultasikan kepada dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium.

3. Infeksi

Berhati-hatilah saat Anda sedang terkena flu atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pernafasan karena dalam tiga hari pertama Anda mempunyai resiko terkena serangan jantung lima kali lebih besar daripada saat Anda dalam kondisi prima. Hal ini diakibatkan karena infeksi merangsang terjadinya serangan jantung dan stroke.

4. Masalah Hubungan

Hubungan buruk yang terjadi dalam hidup Anda dengan orang lain juga dapat berpengaruh kepada kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan oleh University College London menemukan bahwa masalah yang ada dalam hubungan adalah 34% menjadi penyebab serangan jantung.

5. Kehidupan di Perkotaan

Kemacetan yang sudah merupakan bagian dari kehidupan di perkotaan ternyata juga menyebabkan serangan jantung. Penelitian di Jerman menemukan bahwa orang yang tinggal di dekat jalan raya yang ramai memiliki resiko dua kali lebih besar terkena serangan jantung.

6. Menghentikan Aspirin

Beberapa penelitian menemukan bahwa penderita penyakit jantung mengalami kenaikan resiko serangan jantung seminggu setelah menghentikan konsumsi aspirin atau obat anti inflamasi lainnya. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan jantung maka konsultasikanlah pada dokter jika ingin menghentikan konsumsi aspirin.

7. Depresi

Penderita penyakit jantung yang mengalami depresi memiliki resiko lebih besar untuk terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak. Saat mengalami depresi, Anda beresiko dua kali lebih besar untuk terkena serangan jantung dibandingkan dengan saat Anda tidak mengalami depresi.

8. Atasan Anda

Penelitian pada tahun 2005 menemukan bahwa orang yang tidak terlalu memikirkan tekanan dari atasan lebih sedikit memiliki peluang terkena serangan jantung, ketimbang mereka yang terlalu memikirkan tekanan dari atasannya. Penelitian lainnya menguatkan pernyataan ini dengan mengatakan bahwa 23% penyebab resiko serangan jantung berhubungan dengan ketegangan yang dirasakan dari pekerjaan.

9.Masalah Kesehatan Gigi

Penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki masalah kesehatan gigi memiliki resiko 25% lebih besar terkena serangan jantung daripada mereka yang tidak. Hubungan kesehatan gigi dengan serangan jantung adalah bakteri yang terdapat di mulut yang dapat menjadi penyebab peradangan kronis di pembuluh darah.

10. Diabetes

Penyakit diabetes ternyata juga dapat mempengaruhi serangan jantung. Penderita diabetes memiliki resiko sebanyak 2-4 kali lebih besar untuk terkena serangan jantung daripada mereka yang tidak menderita diabetes. Untuk mencegahnya, terapkanlah pola makan sehat dan olah raga rutin mulai sekarang.

11, Menonton TV

Duduk selama berjam-jam di depan televise dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke, bahkan walaupun jika Anda berolahraga secara teratur.

Mengapa? Kurangnya gerakan dapat mempengaruhi kadar lemak dan gula.

Untuk mencegahnya dengan melakukan latihan jalan kaki secara berkala dan, jika Anda sedang bekerja, berdiri untuk berbicara di telepon cukup membantu. 10 hal yang tak terduga penyebab serangan jantung

0 comments:

Post a Comment