21.7.13

KISAH WELIN KUSUMA, ORANG INDONESIA RAIH 19 GELAR SARJANA DALAM 13 TAHUN

Welin Kusuma asal Makasar, pemuda dengan 19 gelarKISAH WELIN KUSUMA, ORANG INDONESIA RAIH 19 GELAR SARJANA DALAM 13 TAHUN. Seorang pemuda asal MAkassar, bernama Welin Kusuma, menjadi topik berita situs media asing lantaran keberhasilannya menyabet 19 gelar sarjana hanya dalam waktu 13 tahun. Wow. Lihat juga (FOTO) HEBOH PENEMUAN ULAR BERKEPALA MANUSIA DI ACEH UTARA.

Foto dan kisahnya dalam mendapat gelar pendidikan dan profesi tersebut dipampang dalam berita media Asia, www.weirdasianews.com, edisi 19 Juli 2013, dengan judul "Young Man Earns 19 Degrees and Titles in Only 13 Years."

Dalam beritanya tertulis, Welin Kusuma mengaku sulit untuk menulis namanya. Namun, karena kebanggaannya, ia pun selalu menulis nama lengkapnya bersama dengan semua prestasi kehormatan, yang bisa memakan tiga baris, lantaran ikut menyertakan gelar pendidikannya yang terdiri dari 8 gelar sarjana, tiga gelar master dan 8 gelar profesional.

Seluruhnya, jika ditulis menjadi: Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, AffWM, BKP, QWP.

Orang mungkin berpikir bahwa ia telah menghabiskan seluruh hidupnya belajar. Namun, Welin, 31, hanya menghabiskan 13 tahun mendapatkan semua gelarnya.

Lalu bagaimana caranya Welin mendapatkan semua gelar itu? Jawabannya adalah kelas paralel. Pria kelahiran 8 Maret 1981 ini mengambil kuliah di beberapa universitas sekaligus.

Belajar dari satu kampus ke kampus lain setiap harinya. Sangat sulit memang. Apalagi saat banyak jadwal mata kuliahnya bentrok dengan kampus lainnya.

Bahkan akibat jadwal tumpang tindihnya itu, ia ditegur pihak kampus untuk mengambil waktu kuliah lebih lama dari biasanya.

Namun Welin tak patah arang. Ia tetap bersemangat dan menjalani semuanya demi menggapai mimpinya: menjadi seorang konsultan dengan banyak perspektif ilmu.

"Gelar profesional beragam. Ada yang berhubungan dengan manajemen, keuangan, dan perpajakan," ungkap Welin.

Meski demikian, pria ini lebih fokus pada bidang manajemen, di samping belajar hukum dan bidang ilmu lainnya demi membantu kliennya mendapatkan informasi lengkap.

Untuk mendapatkan semua gelar ini, diakui Welin, ia tak banyak membebani orangtuanya, karena ia membiayai seluruh pendidikannya secara mandiri sejak 2004.

Sampai hari ini, ia masih berkerja sebagai konsultan pajak merski sebenarnya ia juga ahli sebagai pekerja lapangan sistem informasi.


Berikut adalah daftar lengkap pendidikannya:

* Lulusan SMAN 1 Kendari
* Manajemen Ekonomi besar di STIE Urip Sumoharjo, 2001
* Sarjana Teknik (ST) pada tahun 2004
* Hukum Unair dan Administrasi Publik di Universitas Terbuka (UT), 2002
* Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), 2002
* Sastra Inggris di Inggris Petra 2003
* Gelar sarjana dalam administrasi publik dan statistik di UT
* Magister Teknik Industri di ITS 2004
* Master Ilmu Manajemen
* Magister Notaris di Universitas Airlangga (Unair)

Gelar Profesional meliputi:

* Perencana Keuangan Terdaftar, Indonesia (RFP-I)
* Pengembang Merek Profesional Bersertifikat(CPBD)
* Manajemen Produk Profesional Bersertifikat(CPPM)
* Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP)
* Afiliasi manajer kekayaan (AffWM)
* Konsultan Perpajakan Bersertifikat (BKP)
* Perencana Keuangan Berkualitas (QWP)
* Sumber Daya Manusia Profesional Bersertifikat (CPHR)

0 comments:

Post a Comment