6.10.13

DEHIDRASI : 7 CIRI-CIRI TUBUH MENGALAMI DEHIDRASI & AKIBATNYA UNTUK KESEHATAN

Ciri-ciri tubuh mengalami dehidrasiDEHIDRASI : 7 CIRI-CIRI TUBUH MENGALAMI DEHIDRASI & AKIBATNYA UNTUK KESEHATAN. Jangan anggap remeh dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat membahayakan tubuh karena bisa memicu beragam penyakit. Tapi tidak banyak orang yang paham mengenai ciri-ciri dari dehidrasi. Lihat juga DAFTAR 5 MAKANAN SEHAT ANTI STRES

Ada yang beranggapan, minum tak selalu berupa air mineral atau air putih, melainkan bisa teh, kopi, jus, dan jenis cairan lainnya. Padahal yang dimaksud minum air adalah air putih atau air mineral, bukan minum cairan seperti teh. Minum air juga tak ada batasan, semakin sering justru membuat tubuh lebih fit dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Kebiasaan minum yang salah kaprah inilah yang kemudian menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi tanpa disadari, kemudian memicu berbagai penyakit.

dehidrasi memicu terjadinya infeksi saluran kencing, penuaan dini, obesitas, kolesterol, maag, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, capek tanpa sebab, tekanan darah tinggi dan rendah. Dehidrasi juga menimbulkan perasaan perseptif di antaranya mudah marah, depresi, cemas, gangguan tidur, kecanduan soda, alkohol, obat-obatan.

Cara paling sederhana mengukur dehidrasi adalah dengan minum sekitar 1.200 ml air dalam waktu 5-10 menit, tanpa bersendawa, dan ada jeda namun hanya hitungan detik untuk mengambil napas. Jika Anda tidak bisa melakukan cara ini, artinya tubuh punya masalah karena tidak memiliki kemampuan menyerap air. Ini petanda Anda mengalami dehidrasi, atau tubuh mengalami defisit air. Sementara jika Anda bisa melakukan cara ini dan menjadi kebiasaan harian, bukan hanya bebas dehidrasi, tubuh juga memiliki cadangan air yang cukup untuk mencegah terjadinya defisit air.

Ciri-ciri lain yang menunjukkan tubuh Anda mengalami dehidrasi adalah :

1. Haus
Rasa haus merupakan sinyal pertama tubuh kita sudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu minumlah air secara rutin sepanjang hari guna menghindari rasa haus.

2. Kelelahan
JIka Anda merasa mudah lelah padahal sudah cukup tidur, bisa jadi itu merupakan tanda tubuh kekurangan cairan.

3. Kulit Kering
Kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat kulit kering, hal ini merupakan tanda yang paling dapat terlihat pada orang yang setiap harinya tidak cukup terhiderasi.

4. Jarang Buang Air
Salah satu ciri-ciri dehidrasi adalah jarangnya Anda buang air. Hal ini tentu saja karen cairan dalam tubuh yang berkurang. Sehingga metabolisme tidak bisa bekerja dengan baik, dan racunpun tidak dapat keluar dari dalam tubuh.

5. Urine Berwarna Kuning Gelap
Jika air seni atau urine Anda berwarna kuning gelap atau pekat dan bukannya kuning bening, itu bisa menandakan bahwa Anda kurang mengkonsumsi air dan tubuh Anda butuh lebih banyak air.

6. Mulut Kering
Tidak hanya pada kulit, jika kekurangan cairan, mulut juga dapat menjadi kering. Hal ini tidak baik untuk gigi dan bisa menyebabkan sariawan.

7. Sakit Kepala, Migrain
Saat tubuh kekurangan cairan, maka organ dalam tubuh akan menjadi berkerut atau kisut, demikian juga dengan otak yang bisa menciut. Hal ini menyebabkan sakit kepala ringan maupun migrain. Oleh karena itu, jika menemukan gejala ini, sebaiknya Anda segera minum air mineral.

0 comments:

Post a Comment