7.10.13

8 JENIS MAKANAN SEHAT TINGKATKAN DAYA KONSENTRASI ANAK

Blueberry dapat meningkatkan daya konsentrasi belajar anak8 JENIS MAKANAN SEHAT TINGKATKAN DAYA KONSENTRASI ANAK. Setiap orangtua menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas. Untuk itu sebaiknya orangtua memperhatikan dengan jeli kebutuhan gizi dan nutrisi mereka setiap hari. Konsumsi makanan sehat tidak hanya membuat tubuh anak sehat, tapi juga fokus saat belajar. Diperlukan beberapa nutrisi penting untuk mendukung neurotransmitter sehingga anak bisa menerima materi pembelajaran lebih cepat. Lihat juga 11 MAKANAN INI DAPAT MENGURANGI KECERDASAN & MENURUNKAN KETAJAMAN OTAK.

Berikut ini makanan yang dijuluki "Brain Food" ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak.

1. Salmon
Salmon kaya akan asam lemak omega-3DHA yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh manusia. Kandungan nutrisi ini berperan penting dalam perkembangan otak dan sistem syaraf sejak bayi ada dalam kandungan. Kecuali itu juga bisa menurunkan risiko ADHD, depresi, dan asma.

2. Bijian utuh
Produk makanan kaya whole grain atau bijian utuh kaya akan serat dan lebih lama dicerna. Konsumsi bahan makanan ini bisa bisa mempertahankan kadar gula darah sehingga anak tidak cepat lapar setelah makan siang. Konsumsi roti atau sereal whole grain bersama maple syrup, blueberrry, walnut, bubuk kayu manis untuk meningkatkan fungsi kognitif.

3. Kacang -kacangan
Kandungan serat dan zat besi dalam bahan makanan ini bisa membantu menyeimbangkan gula darah, menjaga tubuh tetap kenyang dan pikiran tetap fokus sepanjang hari. Tambahkan kacang dalam sarapan dan buat bubur kacang hijau agar mudah dikonsumsi.

4. Blueberry
Buah beri dengan warna biru tua ini kaya akan anthocyanins yang bisa membantu mencegah penurunan fungsi kognitif saat usia bertambah. Buah ini juga bisa meningkatkan daya ingat untuk semua umur yang penting untuk proses belajar.

5. Mangga
Mangga adalah sumber terbaik vitamin B6 yang berperan penting dalam perkembangan kongnitif. Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin C yang membantu mendukung fungsi kognitif dan menjaga sistem imunitas tetap kuat.

6. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

7. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

8. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

0 comments:

Post a Comment