16.11.12

'RICE', PERTOLONGAN PERTAMA SAAT KAKI KESELEO

Keseleo pada kaki sering dialami saat berolahragaTIPS MENGOBATI KAKI KESELO DENGAN 'RICE'. Cedera pada pergelangan kaki atau yang sering disebut keseleo sering dialami terutama pada saat berolahraga. Kebanyakan keseleo kaki terjadi ketika telapak kaki tiba-tiba berubah ke dalam (inversi) atau luar (eversi) ketika Anda berjalan, terantuk, jatuh, atau menyentuh tanah setelah melompat.

Pergelangan tangan dan siku juga dapat terkilir karena mengangkat benda berat dengan cara yang tidak benar atau gerakan berulang berkepanjangan dari otot-otot dan tendon.

Tanda-tanda terkilir atau keseleo pergelangan kaki dapat mencakup nyeri, pembengkakan, memar, dingin atau mati rasa di kaki, ketidakmampuan untuk berjalan atau menanggung berat pada sendi, dan kekakuan, demikian seperti yang dilansir BBC.

Tingkat keparahan keseleo pergelangan kaki tergantung pada seberapa parah ligamen diregangkan atau robek. Jika keseleo ringan, mungkin tidak ada rasa sakit banyak atau bengkak dan ligamen masih dapat diregangkan. Jika keseleo sangat parah, salah satu ligamen lebih mungkin robek atau amat bengkak. Keseleo parah juga bisa sangat menyakitkan.

Banyak dokter menyarankan menggunakan pendekatan RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) untuk mengobati keseleo.

Rest (Istirahat)
Anda mungkin perlu mengistirahatkan pergelangan kaki Anda, baik sepenuhnya atau sebagian, tergantung pada seberapa serius Anda keseleo.

Ice (Es)
Menggunakan es sambil melakukan pemijatan dapat mengurangi pembengkakan, nyeri, memar dan kejang otot. Tetap menggunakan es sampai 3 hari setelah cedera.

Compression (Kompres)
Membungkus pergelangan kaki Anda mungkin cara terbaik untuk menghindari pembengkakan dan memar. Anda mungkin perlu membungkus pergelangan kaki Anda selama satu atau dua hari setelah cedera dan mungkin sampai seminggu atau lebih.

Elevation
Pasien sebisa mungkin harus mengangkat bagian cedera lebih tinggi di atas jantung. Misalnya jika yang cedera pergelangan kaki, upayakan pasien dalam posisi tidur kemudian pergelangan kaki diangkat atau ditopang dengan alat supaya posisinya lebih tinggi dari jantung. Teknik ini mengacu pada prinsip bejana berhubungan dan berguna untuk mengurangi pembengkakan pada bagian cedera.

Obat penghilang rasa sakit yang sederhana, seperti parasetamol dan ibuprofen, biasanya cukup untuk meredakan ketidaknyamanan (ibuprofen sangat baik karena memiliki efek anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan). Arnica krim atau witch-hazel (tersedia dari apoteker) adalah pengobatan alami yang baik untuk memar.

Setelah tiga atau empat hari Anda harus mampu menempatkan berat pada pergelangan kaki, dan setelah satu pekan itu harus jauh lebih baik. Namun, dibutuhkan sekitar enam minggu untuk menjadi pulih. Jadi hati-hati atau Anda akan kembali ke titik awal.

Selama waktu ini, Anda mungkin ingin mendapatkan bantuan dari seorang fisioterapis (atau terapis fisik lainnya, seperti osteopati atau chiropractor). Mereka akan dapat memberikan perawatan untuk membantu penyembuhan, serta saran tentang cara untuk memperkuat sendi dan mencegah cedera berulang.

Jika obat penghilang rasa sakit tidak membantu atau Anda tidak dapat menempatkan berat badan pada pergelangan kaki atau pergelangan kaki terus membengkak, segera periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan apakah Anda menderita patah tulang atau tidak. RICE, Langkah-langkah mengobati kaki keseleo

0 comments:

Post a Comment