19.11.12

KETAHUI FAKTOR PENYEBAB TERSERANG MIGRAIN

Sakit kepalaTIPS MENCEGAH SERANGAN MIGREN. MIGREN sering digambarkan sebagai sebuah sakit kepala yang hebat, berdenyut dan menyerang kepala pada satu sisi. Kadang kadang sakit dirasakan di dahi, sekitar mata dan dibelakang kepala sehingga mengaburkan gejala dengan sakit kepala yang lain.

Walau sebagian besar migren menyerang pada satu sisi kepala, namun sering juga dijumpai gejala migren pada kedua sisi kepala. Sisi kepala yang terserang migren pun sering bergantian pada setiap kali serangan. Hati hati bila sisi kepala yang terserang selalu sama, kemungkinan lain adalah terjadinya suatu tumor otak. Penderita migren sering tersiksa dalam melakukan aktifitas sehari hari terutama saat serangan terjadi.

Siapapun dapat terserang migren, terlepas dari usia, ras, kecerdasan, atau pekerjaan. Setidaknya, 10 persen manusia rentan terserang migren dan diturunkan dalam keluarga.

Sebagai antisipasi, Anda harus mencoba mewaspadai dan menghindari sebisa mungkin pemicu migren. Anda akan mampu menyadari tanda peringatan dan mengontrol serangan migren dengan lebih baik. Anda seringkali bisa menggagalkan serangan migren dengan segera meminum obat jika merasakan aura serangan, dan sakit kepala itu mungkin tidak akan muncul lagi.

Sekitar 40%-60% dari serangan migren akan diawali oleh apa yang dinamakan gejala pendahuluan. Gejala ini antara lain berupa gangguan tidur, gelisah, kelelahan, depresi, keinginan untuk menyantap makanan manis dan asin. Gejala awal ini biasanya sudah bisa dipahami oleh keluarga penderita sebagai suatu gejala pendahuluan sebelum terjadinya serangan migren.

Ada banyak faktor yang diketahui memicu migren. Anda harus mengenali faktor mana yang memengaruhi. Menghindari faktor ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan serangan migren.

Faktor apa sajakah itu? Berikut ini penjabarannya.

- Buat catatan harian selama beberapa pekan untuk menemukan faktor pemicu.

- Hindari makanan apapun yang ternyata menyebabkan serangan. Makanan yang sering memicu migren antara lain Tiramin (bahan kimia yang terdapat dalam keju, anggur, bir, sosis, dan acar), makanan yang mengandung MSG dan bahan pengawet dan cokelat.

- Makanlah secara teratur. Sebab, melewatkan waktu makan dapat memicu serangan

- Tidurlah dengan pola teratur jika mungkin, sebab pola tidur yang berubah juga dapat memicu serangan.

- Jika stres merupakan pemicu, cobalah untuk latihan relaksasi.

Jika serangan terlanjur terjadi, cobalah menanganinya secepat mungkin dengan pereda nyeri seperti parasetamol, bentuk terlarut jika mungkin. Migren merupakan penyakit turunan

0 comments:

Post a Comment